Telegram Menghubungkan Terus. Apa Penyebab dan Bagaimana Mengatasinya?

Telegram Menghubungkan Terus. Apa Penyebab dan Bagaimana Mengatasinya?

JSMedia – Kamu kesal Telegram menghubungkan terus-menerus? Cari tahu penyebabnya dan atasi dengan cara mudah berikut ini. Chatting-an merupakan kegiatan yang banyak disukai orang untuk menghabiskan waktu luangnya. Jarak yang jauh bukan halangan karena kamu bisa berkirim pesan dan berkomunikasi via aplikasi chatting, seperti Telegram.

Dibalik kepopulerannya, aplikasi pesan ini juga kerap mengalami masalah error seperti connecting atau menghubungkan yang tentu saja mengganggu aktivitas chatting, baik untuk mengirim dan menerima pesan.

Sebenarnya apa yang menjadi penyebab hal ini terjadi? Agar chat Telegram kembali normal, berikut beberapa faktor yang menyebabkan error connecting lengkap dengan cara mengatasinya.

Apa Penyebab Telegram Menghubungkan Terus?

Apa Penyebab Telegram Menghubungkan Terus?

Ada banyak hal yang bisa mengakibatkan error pada platform berlogo pesawat kertas ini, yaitu:

  1. Sinyal eror
  2. Server dalam perbaikan
  3. Internal memory penuh
  4. Aplikasi lama belum di-update.

Keempat faktor itulah yang biasanya menyebabkan masalah connecting ini. Error tidak akan mungkin selamanya terjadi jika kamu mempraktekkan cara berikut untuk mengatasinya.

Bagaimana Mengatasi Telegram Menghubungkan Terus?

Bagaimana Mengatasi Telegram Menghubungkan Terus?

Jika Telegram apk kamu tiba-tiba diam dan mengalami loading, ada empat cara yang bisa kamu aplikasikan. Ikuti tutorialnya berikut ini.

1. Jaringan Provider Bermasalah

Masalah ini akan diulas terlebih dahulu karena biasanya error pada aplikasi dikarenakan faktor jaringan. Sama seperti apliaksi chatting lain, Telegram juga membutuhkan akses internet ketika hendak digunakan. Jadi, jika sewaktu-waktu jaringan bermasalah maka akan menyulitkan kamu untuk berkirim pesan.

Kamu bisa atasi penyebab pertama ini dengan cara pindah jaringan ke WiFi. Jika tidak ada WiFi, kamu bisa gunakan cara lainnya, yaitu dengan mengganti kartu. Sebelumnya, cek terlebih dahulu jaringan ponsel. Pilih lokasi yang di-suport oleh provider kamu. Jika sulit, gantilah SIM card kamu dengan merek lain yang sinyalnya bagus di lokasi tersebut.

Kamu juga bisa meminta bantuan teman yang memiliki kartu SIM dengan server kencang. Minta dia untuk menyalakan fitur tethering WiFi. Lalu kamu bisa sambungkan perangkat mobile kamu ke WiFi mobile tersebut.

2. Server dalam Perbaikan

Jika tidak ada masalah dengan jaringan, mungkin penyebabnya berasal dari sini. Masalah ini bukan dari ponsel kamu, tetapi ada pada sistem Telegram. Hal ini bisa juga disebut sebagai under maintenance. Masalah sistem ini merupakan hal lumrah terjadi pada aplikasi apa pun, tidak hanya Telegram saja.

Perbaikan system secara berkala ini dilakukan untuk meningkatkan keamanan atau memaksimalkan performa fitur. Kamu tidak mau bukan identitasmu diretas dan fiturnya tidak user friendly, bukan? Maka dari itu proses perbaikan ini selalu dilakukan secara berkala.

Jika penyebabnya ini, kamu hanya perlu menunggu hingga aplikasi normal kembali. Oleh karena itu, sebaiknya kamu pasang aplikasi chat lainnya sebagai alternatif. Jadi, untuk sementara kamu pindah ke sana selama under maintenance.

3. Internal Memory Penuh

Memori internal penuh juga bisa menyebabkan connecting lama pada Telegram. Jika penyimpanan penuh, kamu bisa atasi dengan menghapus beberapa aplikasi dan cache pada ponsel.

Mencopot pemasangan aplikasi bisa kamu lakukan melalui Pengaturan. Kemudian, pilih menu yang berkaitan dengan Aplikasi. Cari aplikasi ter-install yang tidak kamu perlukan dalam waktu dekat ini. Tap pada pilihan tersebut, lalu tekan tombol Copot Pemasangan. Tunggu hingga selesai dan restart HP.

Kedua, hapus Cache dengan cara pilih Pengaturan pada perangkat mobile. Lalu pilih menu Aplikasi Terpasang. Pilih ikon Telegram, lalu Hapus Cache.

Baca Juga: Cara Mengembalikan Akun Telegram yang Dihapus Permanen agar Kembali Aktif

4. Aplikasi Lama Belum Diupdate

Penyebab terakhir ini juga sering mengakibatkan keterangan menghubungkan muncul saat mengirim pesan di Telegram. Banyak orang yang malas memperbarui aplikasi Telegramnya karena sudah merasa cukup dengan fitur-fitur yang tersedia di aplikasi versi lamanya.

Padahal, under maintenance dilakukan agar aplikasi tetap optimal saat digunakan. Maka dari itu, perbaikan dan peningkatan terus dilakukan oleh pihak Telegram dan pengguna pun harus selalu meng-update aplikasinya.

Saat connecting terjadi, kamu bisa mengecek di Play Store. Ketikkan “Telegram” pada kolom pencarian. Jika tombol Update atau Perbarui muncul artinya aplikasi kamu masih versi yang lama. Tekan tombol tersebut dan lakukan update installation.

Jadi, jika terjadi masalah Telegram menghubungkan terus, kamu hanya perlu mengaplikasikan keempat tutorial tersebut satu per satu. Semoga dapat mengatasi penyebab connecting pada Telegram. Selama mencoba.