Mengapa matahari memiliki peranan yang penting bagi kehidupan makhluk hidup di bumi

JakartaStudio.com – Materi Pelajaran Tayangan TVRI hari ini Rabu 3 Juni 2020 untuk SMP adalah Pembangkit Listrik Tenaga Matahari dengan salah satu soal pertanyaannya Mengapa matahari memiliki peranan yang penting bagi kehidupan makhluk hidup di bumi?

Setelah Siswa SMP selesai menyaksikan tayangan program belajar dari rumah TVRI 3 Juni 2020 har ini, siswa di berikan tiga buah pertanyaan yang harus mereka jawab dengan salah satu soal TVRI hari ini yaitu Mengapa matahari memiliki peranan yang penting bagi kehidupan makhluk hidup di bumi?

Siswa SMP dapat memahami bahwa matahari yang setiap hari mamanasi bumi dapat menjadi sumber enegeri listrik, Siswa SMP juga mengerti bahwa matahari memiliki peranan yang penting bagi kehidupan makhluk hidup dibumi.

Dengan adanya matahari, manusia bisa menciptakan panel surya atau Solar Cell yang dimanfaatkan untuk merubah energi matahari menjadi pembangkit listrik tenaga matahari.

Jawaban Soal TVRI SMP 3 Juni 2020 Pembangkit Listrik Tenaga Matahari

Berikut ini JakartaStudio.com berikan rangkuman Jawaban dan Soal Pertanyaan TVRI Rabu 3 Juni 2020 untuk Tingkat SMP secara lengkap

Mengapa matahari memiliki peranan yang penting bagi kehidupan makhluk hidup di bumi?

JAWABAN :

  • Matahari memiliki peranan penting bagi kehidupan makhluk hidup dibumi karena energi pancaran sinar matahari membuat bumi tetap hangat bagi kehidupan makhluk hidup
  • Sinar matahari juga membuat udara dan air di ada di bumi bersikulasi
  • Energi matahari juga dapat membuat tumbuhan bisa berfotosintesis dan menghasilkan sumber makanan yang memenuhi kebutuhan rantai makanan
  • Sinar matahari juga bisa dimanfaatkan sebagai sumber pembangkit listrik dengan menggunakan Panel Surya (Solar Cell)

Mengapa panel surya (solar cell) menjadi bagian penting dalam pembangkit listrik tenaga matahari?

JAWABAN :

Panel surya atau Solar Cell sangat penting dalam pembangkit listrik tenaga matahari karena solar cell merupakan komponen utama yang berfungsi mengubah cahaya sinar matahari yang ditangkap menjadi energi listrik. Proses menangkap Photon yang berasal dari sinar matahari yang kemudian dirubah menjadi elektron oleh solar cell sehingga menjadi sumber energi listrik.

Sebutkan tiga hal yang dapat kamu lakukan di rumah untuk menghemat penggunaan listrik! Berikan alasanmu!

JAWABAN :

  1. Cara menghemat penggunaan listrik dirumah dengan mematikan lampu yang tidak dipakai
  2. Mencabut charger hp saat tidak dipakai agar hemat penggunaan listrik
  3. Menurunkan kecepatan kipas angin saat digunakan dan mematikan saat tidak digunakan
  4. Mengatur suhu AC ruangan di angka yang disarankan (25 derajat celcius) dan mematikannya jika tidak digunakan
  5. Mengatur suhu kulkas di angka standar dan tidak terlalu dingin

Itulah rangkuman Jawaban TVRI untuk SMP Rabu 3 Juni 2020 yang bisa JakartaStudio.com berikan secara lengkap pada hari ini.

Dengan materi pokok bahasan Pembangkit Listrik Tenaga Matahari, Siswa SMP bisa mengerti dan memahami betapa pentingnya Energi matahari bagi kehidupan makhluk hidup.

Setelah Menjawab Soal TVRI Hari ini Rabu 3 Juni 2020, siswa SMP bisa memahami bahwa matahari memiliki peranan yang penting bagi kehidupan makhluk hidup di bumi.

Siswa SMP juga bisa memahami tentang manfaat penggunaan Panel Surya Solar Cell dalam memanfaatkan energi sinar matahari untuk dijadikan pembangkit listrik tenaga matahari

Untuk Materi Pelajaran TVRI Kamis 4 Juni 2020 Tingkat SMP besok akan membahas materi Matematika Manfaat Betul : Pola Bilangan yang akan dimulai pada pukul 09.30 wib sampai dengan pukul 10.00 wib.

Beberapa rangkuman Soal yang bisa dipelajari Siswa SMP untuk Soal Pertanyaan TVRI Kamis 4 Juni 2020 diantaranya adalah :

1. Sebutkan tiga suku berikutnya dari barisan 3, 4, 7, 11, 18,

2. Suatu reuni sekolah dihadiri oleh 50 orang. Masing-masing dari mereka saling bersalaman untuk melepas kangen. Ada berapa salam yang terjadi?

3. Tentukan suku ke-30 dari barisan tingkat 2 berikut: 5, 12, 21, 32, 45,

4. Dalam suatu ruang sidang terdapat 20 baris kursi. Pada baris paling depan terdapat 15 kursi. Setiap baris berikutnya terdapat 6 kursi lebih banyak dari baris di depannya.

a) Dimas mengatakan bahwa baris kursi paling belakang terdapat 129 kursi. Setujukah kamu dengan perkataan Dimas? Jelaskan alasanmu!

b) Sinta mengatakan bahwa ada lebih dari 1.000 kursi di ruang sidang tersebut. Benarkah itu? Jelaskan pendapatmu!