Cara Mematikan Vanish Mode Instagram, DM Jadi Aman dan Tenang

Cara Mematikan Vanish Mode Instagram, DM Jadi Aman dan Tenang

JSMedia – Pada aplikasi Snapchat, ada fitur yang membuat percakapan langsung hilang apabila penerima sudah membacanya. Selanjutnya, Instagram mengadaptasinya dengan nama Vanish Mode. Namun, jika tidak memerlukannya, berarti harus tahu cara mematikan vanish mode Instagram ini.

Apa Itu Vanish Mode Instagram?

Apa Itu Vanish Mode Instagram?

Dalam bahasa Indonesia, vanish mode berarti mode hilang. vanish mode adalah fitur terbaru di Instagram yang membuat pesan Anda yang menggunakan direct message menghilang ketika penerima sudah membacanya.

Sebelumnya, Snapchat sudah menggunakan fitur ini dengan bebrapa variasi. Contohnya adalah menahan chat dalam satu hari sebelum menghapusnya. Selanjutnya penerima tidak lagi dapat membaca pesan tersebut.

Fungsi Mode Hilang Pada Instagram

Pada awalnya, banyak aduan pencurian data dari para pengguna Instagram. Hal ini akan berbahaya apabila ada percakapan yang bersifat pribadi atau rahasia. Jadi, untuk mengatasi hal ini, Instagram meluncurkan fitur Vanish mode ini.

Dengan menggunakan mode ini, tidak ada orang lain yang bisa membaca percakapan Anda di direct message. Ini karena percakapan tersebut akan langsung hilang. Namun, bisa jadi ada pengguna yang tidak memerlukan fitur ini, sehingga harus menonaktifkannya.

Cara Mematikan Vanish Mode Instagram

Cara Mematikan Vanish Mode Instagram

Meskipun tampak menarik, tetapi tidak senua orang memerlukan fitur ini. Apabila Anda termasuk orang yang tidak memerlukannya, bisa mengikuti beberapa langkah dalam menonaktifkannya.

  • Buka akun Instagram Anda dan masuk ke menu “direct message
  • Selanjutnya pilih akan menghilangkan Vanish Mode pada DM yang mana
  • Lakukan Swipe dari bagian bawah layar ke arah atas, hingga muncul sebuah notifikasi berbunyi, “Swipe to tur off vanish mode
  • Berikutnya lakukan swipe up satu kali lagi. Tampilan pada layar akan berubah menjadi waena ungu
  • Hentikan swipe dan Anda pun telah menonaktifkan mode hilang pada direct message

Cara ini membuat obrolan tidak lagi menggunakan vanish mode. Dengan demikian, riwayat chat tidak akan hilang.

Baca Juga: Kenapa Foto Story IG Tidak Muncul di Galery? Ini Caranya

Cara Mengaktifkan Vanish Mode Instagram Kembali

Cara Mengaktifkan Vanish Mode Instagram

Selain cara mematikan vanish mode Instagram, mungkin Anda juga perlu mengetahui cara mengaktifkannya. Jadi ikuti tahapan aktivasi mode hilang di Instagram berikut ini.

  • Masuklah ke menu direct message pada akun Instagram Anda
  • Tentukan salah satu chat yang akan menggunakan vanish mode dan membukanya. Jika menginginkan obrolan baru, lakukan chat terlebih dahulu.
  • Selanjutnya adalah melakukan swipe up dari dari bawah ke arah atas, hingga warna layar berubah menjadi hitam.
  • Tanda yang menunjukkan bahwa Anda berhasil mengaktifkan fitur ini adalah munculnya emoji ssstt, sedangkan layar di belakangnya hitam.
  • Lawan bertukar pesan pun akan melihat tampilan yang sama dengan layar Anda.

Hal yang Perlu Anda Ketahui Tentang Vanish Mode

Setelahh mengetahui cara mematikan vanish mode Instagram atau mengaktifkannya, masih ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui. Mode hilang ini bukanlah sekadar fitur main-main belaka.

Instagram menyediakan fitur ini untuk memastikan tidak ada orang lain yang melihat chat pribadi Anda. Jadi, tidak akan ada yang menyalahgunakannya. Obrolan Anda akan tetap rahasia karena langsung hilang ketika penerima sudah membacanya.

Selanjutnya, Anda harus tahu bahwa mode ini hanya berlaku pada obrolan antara dua orang saja. Anda tidak bisa menggunakannya dalam chat grup. Jadi mode hilang ini lebih brsifat personal. Bahkan apabila Anda mengambil screen shoot pada percakapan, lawan chat Anda akanmendapatkan notifikasi.

Sebagai upaya peningkatan keamanan chat pribadi, mode hilang ini tergolong efektif, karena history obrolan akan terhapus. Namun, jika ingin menonaktifkannya, gunakan cara mematikan vanish mode Instagram ini.