Cara Mengatasi Notif ‘Your Account is Compromised’ Instagram, Awas Kena Hack!

Cara Mengatasi Notif 'Your Account is Compromised' Instagram

JSMedia – Ketika sedang asik bermain IG, pernahkah kalian mendapati tiba-tiba muncul pemberitahuan ‘Your Account is Compromised’, apa artinya? Cukup banyak pengguna instagram yang melaporkan bahwa mereka mendapatkan nofitikasi aneh tersebut di akunnya.

Nah kira-kira apa maksudnya dan kenapa muncul notifikasi tersebut? Jika ada dari kalian yang juga mengalami hal sama, maka bisa simak pembahasan berikut ini. Karena munculnya pemberitahuan ‘Your Account is Compromised’ ini cukup berbahaya jika tak segera diatasi.

Penyebab Muncul Notif ‘Your Account is Compromised’

Cara Mengatasi Notif Your Account is Compromised IG

Pastinya banyak dari kalian yang tidak tahu kenapa tiba-tiba muncul notifikasi semacam itu. Apa sih artinya? Secara sederhana, pemberitahuan tersebut memiliki arti ‘Akun Anda Telah Disusupi’. Hal ini berarti mengindikasikan adanya aktivitas yang dianggap tidak wajar pada akun instagram kalian.

Nah apakah hal tersebut berarti ada orang yang yang berusaha membobol atau hack akun IG kita? Bisa jadi, namun selain itu juga ada beberapa faktor lain yang bisa menyebabkan munculnya pemberitahuan semacam ini, diantaranya :

  • Aktivitas autolike atau autofollow yang dilakukan oleh bot.
  • Bertambahnya jumlah pengikut dengan sangat pesat.
  • Aktivitas mencurigakan yang dilakukan oleh pihak ketiga secara berulang.
  • Adanya upaya login yang dilakukan oleh orang lain tak dikenal.

Baca Juga : Cara Membuat Drop Your Pic Instagram

Cara Menghilangkan Notif ‘Your Account is Compromised’

Masalah semacam ini kebanyakan terjadi karena adanya aktivitas yang dianggap mencurigakan oleh Instagram. Terutama dari penggunaan bot yang mengakibatkan adanya aktivitas tidak wajar dan terkesan manipulatif pada akun IG kita. Contohnya seperti jumlah like dan pengikut yang meningkat dengan sangat pesat.

Sehingga pihak Instagram pun mengirimkan notifikasi tersebut sebagai peringatan atas keamanan akun IG kita. Karena ada resiko bahwa nantinya akun tersebut disusupi dan dihack oleh orang lain. Lalu bagaimana cara mengatasinya? Silahkan simak tips trik berikut ini.

Hentikan Penggunaan Bot

Cara Mengatasi Notif Your Account is Compromised IG

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa kebanyakan, notifikasi your account is compromised ini diakibatkan oleh aktivitas mencurigakan yang kemungkinan berasal dari penggunaan bot. Oleh karena itu, sangat disarankan mulai sekarang berhenti menggunakan sistem otomatis seperti bot untuk melakukan like, follow ataupun komentar.

Karena Instagram sendiri akan mendeteksi aktivitas tersebut sebagai tindakan yang mencurigakan. Sehingga bisa mengakibatkan akun IG kita dikunci dan bahkan dibanned secara permanen. Lebih baik gunakan cara manual yang lebih aman daripada bot.

Ganti Kata Sandi untuk Menghindari ‘Your Account is Compromised’

Cara Mengatasi Notif Your Account is Compromised IG

Ketika mendapati pemberitahuan seperti diatas, hal pertama yang bisa segera kalian lakukan adalah melakukan pergantian kata sandi. Hal tersebut bisa menambah proteksi akun kita terhadap pihak-pihak yang mungkin ingin menyusupinya.

Terutama jika sebelumnya kalian suka menggunakan bot autofollow atau autolike IG, maka mengubah password sangat disarankan. Dengan begitu, bot yang sebelumnya kalian gunakan tidak akan bisa mengakses akun kalian lagi karena adanya pergantian kata sandi.

Baca Juga : Cara Mengetahui Akun Fake Instagram

Tautkan ke Facebook

Cara Mengatasi Notif Your Account is Compromised IG

Untuk semakin menambah sisi keamanan dari akun Instagram kalian, disarankan juga untuk menautkannya ke akun Facebook. Karena kedua sosial media tersebut berada di bawah naungan perusahaan yang sama, maka tentu akan jadi lebih aman.

Jika suatu hari nanti kalian mendapati masalah pada akun IG, maka penautan tersebut akan sangat membantu. Misalnya tidak bisa login ke akun instagram seperti biasa, kalian bisa menggunakan akun FB yang sudah tertaut untuk masuk ke IG.

Kesimpulan

Demikian tips trik cara mengatasi notifikasi ‘your account is compromised’ di instagram. Munculnya pemberitahuan tersebut mengindikasikan adanya aktivitas mencurigakan oleh pihak ketiga di akun IG kita. Sehingga kalian harus segera mengatasinya atau beresiko akun akan disuspend atau bahkan dibanned.