Cara Membuat Balasan Otomatis di Instagram, Bisnis Lebih Efektif

Cara Membuat Balasan Otomatis di Instagram, Bisnis Lebih Efektif

JSMediaInstagram merupakan salah satu platform sosial media yang banyak digunakan untuk kebutuhan bisnis. Dan bicara soal bisnis, tentu harus memperhatikan interaksi yang baik antara penjual dan juga customer. Terutama bagaimana kita merespon pertanyaan dari para pelanggan dengan cepat.

Namun tentu kita tidak bisa setiap waktu memantau Direct Message Instagram untuk menjawab setiap pesan yang masuk. Sehingga bisa menimbulkan potensi kehilangan customer karena banyak diantara mereka yang tidak sabar untuk menunggu respon penjual yang terlalu lama. Hal ini tentu akan berakibat buruk bagi bisnis kita nantinya.

Solusi dari masalah tersebut adalah dengan membuat auto replies atau balasan otomatis di Instagram. Dengan begitu, ketiga ada seseorang yang mengirimkan pesan DM ke akun kalian, maka bot secara otomatis akan membalasnya. Sehingga tak perlu takut kalau customer kabur akibat pesan mereka tidak kunjung dibalas. Lantas bagaimana cara membuatnya?

Keuntungan Menggunakan Balasan Otomatis di IG

Cara Membuat Balasan Otomatis Instagram

Seperti yang sudah sedikit disinggung sebelumnya bahwa fitur auto replies ini akan sangat membantu kita untuk menjawab setiap pesan yang masuk ke DM Instagram. Terutama bagi kalian yang menjalankan bisnis di IG, maka tentu hal tersebut akan sangat bermanfaat. Berikut beberapa keunggulan jika kalian menggunakan fitur Auto Replies di Instagram.

Baca Juga : Cara Mengatasi Yout Account is Compromised IG

Balasan Lebih Cepat

Banyak customer yang melakukan komplain ketika pertanyaan mereka tidak segera direspon oleh penjual. Oleh karena itulah, penggunaan auto replies ini bisa menjadi solusi atas masalah tersebut. Karena bot akan secara otomatis membalas setiap pesan yang masuk ke Direct Message instagram tanpa harus menunggu kita online terlebih dahulu.

Hemat Waktu

Mengurus bisnis di sosial media tentu bukanlah hal yang mudah. Apalagi jika hanya sendirian tanpa ada orang yang membantu. Maka akan sangat sulit untuk membagi waktu mengurus akun sosial media seperti Instagram dengan kegiatan lainnya. Nah untuk itulah fitur auto replies ini akan sangat membantu sebagai asisten pribadi.

Karena secara otomatis, ia bisa merespon para customer yang mengirim pesan pada akun IG kita. Dengan begitu, kita bisa sedikit melonggarkan waktu untuk mengurus hal lain karena sosial media sudah ditangani oleh bot dan kita tak perlu selalu online setiap waktu.

Hemat Biaya

Cara Membuat Balasan Otomatis Instagram

Bayangkan jika kalian harus mempekerjakan orang sebagai admin sosial media Instagram demi melayani dan menjawab pertanyaan dari customer. Tentu kalian harus mengeluarkan biaya lebih untuk menggaji mereka. Untungnya dengan penggunaan balasan otomatis dari IG, hal tersebut bisa ditunda terlebih dahulu.

Engagement Meningkat

Dengan interaksi yang baik antara penjual dan customer, tentu akan membuat engagement kita meningkat. Dan kalian pun juga tak perlu bersusah payah membalas setiap pesan secara manual setiap kali ada yang mengirim pesan ke Direct Message akun Instagram kalian.

Anti Capek Ngetik

Salah satu keunggulan menggunakan quick replies adalah kita bisa menyimpan jawaban-jawaban terkait detail produk dan bisnis yang dijalankan. Dan nantinya akan ada pintasan yang bisa dipakai untuk memanggil jawaban tersebut. Apabila ada customer yang bertanya, maka kita tinggal pilih lewat pintasannya saja.

Dan seketika, jawaban yang telah kalian setting sebelumnya akan langsung muncul. Hal ini tentunya akan sangat memudahkan karena tak perlu mengetik secara manual setiap kali ada yang bertanya. Terutama untuk kegiatan bisnis tentunya akan ada banyak customer yang selalu menanyakan hal yang sama berulang kali.

Baca Juga : Cara Mematikan Vanish Mode Instagram

Cara Membuat Auto Replies di Instagram

Untuk bisa menggunakan fitur auto replies, akun IG kalian haruslah akun instagram business. Sehingga untuk akun personal biasa, maka tak akan bisa menggunakan fitur balasan otomatis ini. Namun jangan khawatir, gampang banget kok upgrade akun instagram ke versi bisnis.

Cara Ubah Akun ke Instagram Business

Cara Membuat Balasan Otomatis Instagram

1. Langkah pertama, kalian buka aplikasi Instagram
2. Setelah itu, klik opsi Profil di bagian bawah.
3. Selanjutnya pilih opsi garis tiga di pojok kanan atas.
4. Masuk ke menu Pengaturan > Akun (Account).
5. Scroll ke bawah dan tap opsi Beralih ke Akun brofesional (Switch to Professional Account).
6. Kita akan buat akun bisnis terlebih dahulu.
7. Silahkan pilih jenis usaha dan beberapa data yang dibutuhkan.
8. Di bagian akhir, kalian akan diberikan opsi Creator atau Business.
9. Silahkan pilih opsi Business untuk mengubah akun kalian.

Cara Membuat Quick Replies di Instagram

Cara Membuat Balasan Otomatis Instagram

1. Jika akun sudah berubah jadi business, selanjutnya kalian bisa gunakan fiturnya.
2. Silahkan buka Pengaturan akun > pilih Business.

buka Pengaturan akun > pilih Business
3. Kalian akan melihat opsi Balasan Tersimpan.

opsi Balasan Tersimpan
4. Selanjutnya tap ikon bertanda plus (+).

tap ikon bertanda plus (+)
5. Kemudian tinggal tambahkan pintasan baru.
6. Kalian bisa membuat template balasan untuk kebutuhan bisnis.

membuat template balasan
7. Hingga nanti tinggal gunakan pintasan untuk menjawab apabila ada yang menanyakan pertanyaan seputar hal tersebut.

Kesimpulan

Nah itulah pembahasan tentang bagaimana cara membuat balasan otomatis di sosial media instagram. Dengan tips trik diatas akan sangat membantu kalian dalam menjalankan bisnis dan menjawab setiap pertanyaan dari para customer. Semoga penjelasan tersebut bisa memberikan informasi yang bermanfaat dan juga membantu, selamat mencoba!