Cara Mengetahui TV Digital Atau Analog, Langsung Paham!

Cara Mengetahui TV Digital Atau Analog

JSMedia – Saat ini secara bertahap pemerintah mulai menghentikan siaran TV analog dan mulai beralih ke TV digital. Agar dapat menerima siaran ini, harus mengetahui mengetahui TV digital atau analog yang di punya oleh kita. Hal ini sangat penting untuk mengetahuinya, agar dapat memastikan apakah pesawat TV yang digunakan dapat menerima siaran digital. Untuk mengetahui bagaimana cara mengeceknya? Simak terus artikel di bawah ini.

Cara Mengetahui TV Digital Atau Analog dengan Mudah

Cara Mengetahui TV Digital Atau Analog dengan Mudah

Saat ini hampir sebagian masyarakat masih belum banyak yang mengetahui apakah selama ini sudah menikmati siaran TV digital atau analog. Sebenarnya meski menggunakan TV analog namun masih tetap dapat menikmati siaran digital.

Hanya saja ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar pesawat TV ini dapat menerima siaran digital. Berikut ini 5 cara untuk mengetahui apakah pesawat televisi yang digunakan termasuk TV digital atau analog, yuk disimak ulasannya.

Baca juga 4 Cara Menyambungkan HP ke TV  Bisa Dengan Wifi HP

1. Melihat Pada Stiker Yang Terdapat Pada Pesawat TV

Meskipun agak sulit membedakan mana TV digital dan yang analog, namun bukan berarti tidak dapat mengetahuinya. Salah satunya dengan cara melihat informasi produk yang tertera pada stiker bawaan yang terdapat pada pesawat televisi.

Biasanya bila pesawat televisi ini termasuk TV digital maka pada stiker tersebut akan memuat beberapa informasi. Berikut ini beberapa informasi yang wajib anda ketahui pada stiker bawaan pesawat TV yaitu sebagai berikut.

  • Terdapat tulisan ATSC
  • Digital ready
  • Digital receiver
  • HDTV
  • DTV
  • Digital tuner
  • Digital tuner built-in.
  • Integrated digital tuner

2. Mengetahui TV Digital Atau Analog dengan Memeriksa Spesifikasi TV

Apabila pada TV tersebut tidak terdapat stiker, maka untuk mengetahui apakah TV tersebut termasuk digital atau analog bisa memeriksa spesifikasinya secara manual. Caranya dengan menanyakan langsung pada toko pada saat membelinya.

Selain itu bisa juga melihat spesifikasi TV tersebut dari situs resmi sesuai dengan merk televisinya. Caranya dengan memasukan nomor kode atau model dari TV yang anda gunakan.

Kemudian anda akan menerima informasi tentang TV tersebut apakah analog atau digital. Bila sudah mengetahui jenis TV tersebut apakah digital atau analog maka bisa segera menentukan kebutuhan alat tambahan yang diperlukan.

3. Mengecek Dan Memeriksa Fitur HDTV

Selanjutnya untuk mengetahui apakah pesawat televisi anda termasuk digital atau analog bisa dengan mengecek dan memeriksa fitur HDTV. Apabila pesawat TV ini memiliki berbagai fitur di bawah ini berarti termasuk TV digital.

  • Digital ready
  • Digital tuner
  • Digital tuner built-in.
  • Integrated digital tuner
  • Digital receiver
  • Ada tulisan ATSC
  • DTV
  • HD Ready

Namun bila pada pesawat TV anda tidak terdapat salah satu dari fitur fitur tersebut maka pesawat TV tersebut berarti jenisnya analog. Karena itu agar dapat menikmati siaran digital memerlukan tambahan alat STB atau set top box DVBT2.

4. Memastikan Dengan Mencari Siaran TV Digital

Cara berikutnya untuk mengetahui apakah pesawat TV termasuk jenis digital atau analog perlu memastikannya dengan mencari siaran TV digital pada perangkat. Cobalah mencari siaran digital menggunakan remot.

Bila ternyata ada pilihan DTV maka pesawat TV tersebut adalah termasuk jenis TV digital. Demikian juga sebaliknya bila tidak terdapat channel digital maka termasuk jenis TV analog.

5. Mengecek Langsung Di Kominfo

Alternatif pilihan cara lain yang dapat dilakukan untuk mengetahui apakah pesawat TV anda termasuk jenis analog atau digital bisa langsung mengecek ke Kominfo. Berikut ini beberapa langkah yang dapat dicoba untuk mengeceknya.

1. Buka browser yang terdapat pada perangkat yang digunakan

2. Kemudian bisa copas atau anda Klik Tautan di bawah ini:

Cara Mengetahui TV Digital Atau Analog

3. Memilih fitur TV dan isi semua data baik merk, type dan lainnya

4. Bila salah data itu muncul berarti termasuk TV digital

5. Bila tidak muncul maka termasuk jenis TV analog

Akhir Kata

Itulah 5 cara untuk mengecek apakah pesawat televisi yang anda gunakan termasuk jenis TV digital atau analog. Cukup mudah bukan, selamat mencoba.