Coti Koin: Benarkah Blockchain Pertama di Dunia?

Coti Koin

JSMedia – Coti koin adalah salah satu bagian yang tidak bisa terlepas dari blockchain. Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami teknologinya terlebih dahulu, sebelum mempelajari COTI.

Secara sederhana, blockchain sendiri adalah sebuah teknologi penyimpanan atau bank data digital yang terintegrasi dengan kriptografi. Dengan teknologi tersebut, transaksi mata uang elektronik atau cryptocurrency menjadi lebih aman.

Mengenal Coti Koin Secara Lebih Mendalam

Hal ini dikarenakan, data yang tersimpan di dalam blockchain tidak mudah untuk diubah, sehingga bisa mencegah tindak pemalsuan atau penipuan. Salah satu jenis kripto yang sedang booming di masyarakat adalah COTI.

Apa Itu “Coti”?

COTI adalah sebuah singkatan dari “Currency Of The Internet” atau mata uang internet (digital). Artinya, jaringan ini menerapkan sistem desentralisasi, sehingga memungkinkan transaksi terjadi secara instan tanpa perantara atau pihak ketiga.

Hal tersebut yang bisa mempersingkat waktu, karena transaksi terjadi secara peer to peer. Lebih dari itu, COTI juga menerapkan algoritma konsensus unik bernama Trustchain TM, sehingga bisa diskalakan, lebih aman, serta efisien.

Selain itu, COTI juga menawarkan fitur-fitur inovatif lainnya, seperti biaya rendah dan dukungan dalam berbagai bahasa. Jangan heran, jika penggunanya sangat banyak, baik pemerintah, pedagang, pembayaran melalui aplikasi, dan penerbit stabblecoin.

Dengan teknologi terkini dan terbarukan, layanan pembayaran visa atau PayPal saat ini pun mulai memanfaatkan COTI. Tidak seperti blockchain yang menggunakan daftar kronologis transaksi, COTI justru menerapkan protokol DAG.

Teknologi Directional Acyclic Graphics inilah yang membuat COTI mampu memroses hingga 100.000 transaksi per sekon. Angka tersebut jauh lebih singkat dibandingkan pemrosesan visa versi lawas.

COTI juga hadir dengan user interface ringan dan sederhana, sehingga orang awam juga mudah untuk memahaminya. Kemudahan tersebut juga sama seperti mengenal “Mata Uang Kripto yang Auto Cuan: TerraUSD”.

Pengertian Coti Koin

Singkat, coti koin adalah mata uang kripto multiguna yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam transaksi pembayaran. Kehadirannya memang sukses menyita perhatian, karena memiliki berbagai kelebihan, seperti:

  • Kesederhanaan, yakni pengguna bisa menikmati kemudahan dalam transaksi, bahkan tidak menyadari sedang bergelut dengan kripto
  • Aksebilitas, yakni COTI lebih mudah diakses, karena mempunyai aplikasi sendiri yang bisa pengguna unduh, baik melalui Android maupun iPhone
  • Volatilitas, yakni perubahan harga koin yang cenderung stabil secara umum
  • Skalabilitas, yakni kemampuan COTI dalam menangani ledakan transaksi sangatlah baik
  • Likuiditas, yakni kemampuannya untuk memenuhi kewajiban sangat terjamin dengan keberadaan COTI-X (pertukaran interoperabilitas internal)
  • Portabilitas, yakni kemudahan transaksi lengkap dengan fitur pembayaran yang terpusat
  • Anonimitas, yakni konsistensi COTI untuk menjaga privasi setiap penggunanya, sehingga pelacakan transaksi tidak mudah dilakukan tanpa izin
  • Transparansi, yakni keterbukaan COTI terkait operasional, proyek pendanaan, hingga rencana ke depannya
  • Kekekalan, yakni sebuah fitur untuk menyelesaikan sengketa transaksi, seperti kegagalan dalam pengiriman produk atau layanan

Cara Kerja COTI

Seperti yang sudah disebutkan, bahwa COTI menerapkan algoritma konsensus Trustchain. Konsensus ini merupakan kombinasi dari 3 mekanisme yang berbeda-beda, meliputi:

  • PoW berfungsi untuk mengamankan jaringan serta mencegah terjadinya pengeluaran ganda
  • PoS mempunyai fungsi untuk mengurutkan transaksi
  • PoT bermanfaat untuk menilai kepercayaan peserta yang tergabung di dalam jaringan

COTI melakukan konfirmasi dua kali, sebelum menyetujui transaksi yang terjadi. Oleh karena itu, COTI mempunyai jaringan yang lebih aman dan efektif dibandingkan dengan blockchain tradisional.

Dalam kinerjanya, COTI juga mempunyai mata uang sendiri untuk melakukan transaksi pada jaringan. Ada yang belum mengenal mata uang cryptocurrency yang satu ini?

Kesimpulan

Secara keseluruhan, coti koin mempunyai skor kepercayaan dan sistem keamanan yang sangat baik. Meski demikian, gunakan “uang dingin” untuk menekuninya. Sebab, cryptocurrency sendiri memang penuh ketidakpastian dan bisa berubah kapan saja.