Kenapa Data Seluler Tidak Bisa Digunakan? Ini Solusinya

Kenapa Data Seluler Tidak Bisa Digunakan

JSMedia – Kenapa data seluler tidak bisa digunakan adalah kendala yang umum dihadapi pengguna internet pada phone seluler. Misalnya data seluler sudah on, tetapi tidak ada sinyal internet. Atau kendala lain adalah data seluler tidak hidup.

Anda mungkin pernah mengalami, data tidak bisa on, tombol mati walau sudah dipencet beberapa kali. Gawai seakan berada pada mengaktifkan mode penerbangan padahal tombol tidak ditekan.

Kenapa Data Seluler Tidak Bisa Digunakan di Smartphone?

Kenapa data seluler tidak bisa digunakan adalah gangguan menggunakan data internet pada smartphone, seperti Android atau iPhone. Pemicu gangguan ini, mungkin disebabkan oleh kartu SIM bermasalah atau provider Anda sedang bermasalah.

Data seluler tidak bisa digunakan tentu ada faktor pemicunya. Oleh karena itu, sebelum mencari solusi, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa penyebabnya. Hal ini akan mempermudah ketika penanganan. 2 masalah yang umum terjadi dengan penyebab berbeda, yaitu:

1. Data aktif, tetapi tidak ada sinyal, maka pemicunya kemungkinan:

  • Ada Bug atau error pada system Smartphone Anda
  • Periksa Pengaturan jaringan otomatis, apakah Aktif?
  • Malware atau Smartphone terkena virus
  • Operator SIM sedang ada gangguan
  • Kartu SIM tidak terbaca
  • Slot SIM Card tidak terpasang sempurna
  • Coba Anda ingat, apakah smartphone pernah di-root?

2. Data Seluler selalu Off atau tidak bisa dihidupkan, hal-hal yang perlu Anda periksa adalah:

  • Pastikan masa aktif SIM Card Anda, apakah sudah lewat atau belum. Ini menyebabkan slot SIM gagal membaca SIM Card
  • Periksa Mode Pesawat di smartphone Anda, apakah aktif atau tidak. Karena bisa jadi tidak sengaja terpencet

Ada cara mudah untuk mengatasi masalahnya dengan setting ulang tanggal dan waktu sesuai hari ini. Atau Anda bisa mematikan smartphone, pindahkan SIM Card ke slot satunya dan hidupkan kembali gawai Anda. Apakah sudah aktif?

BACA JUGA: Spesifikasi dan Harga Oppo Find X5 Pro 5G Resmi Indonesia

Cara mengatasi Kenapa data seluler tidak bisa digunakan

Kenapa data seluler tidak bisa digunakan adalah kendala menggunakan jaringan internet di perangkat seluler dengan berbagai cara mengatasinya. Masalah penggunaan data seluler bisa saja Anda alami padahal kuota masih ada.

Memang tidak dipungkiri, terkadang terjadi kepanikan saat data seluler tidak bisa digunakan. Untuk itu, pastikan masa aktif data seluler belum habis. Jika masih terjadi masalah, berikut cara mengatasi data seluler tidak bisa digunakan.

1. On and Off Airplane Mode di gawai Anda

Kadang terlihat 4G di layar, tetapi Anda tidak bisa membuka aplikasi atau berselancar di medsos. Tekan mode pesawat akan terbaca, Hanya Panggilan Darurat. Ini berarti jaringan atau provider yang sedang bermasalah, bukan gawai Anda.

2. Coba setting ulang APN

APN atau Access Point Name adalah gateway dari operator yang menyambung jaringan internet ke perangkat. Anda bisa mencoba atur ulang, mungkin bisa membantu.

Caranya:

  • Klik Setting
  • Klik SIM Card dan Jaringan Seluler
  • Klik APN, pilih Buat APN Baru. Ingat, jangan ganti dengan yang lain
  • Masukkan APN sesuai SIM Card Anda

3. Pindahkan SIM Card 

Anda bisa melepas SIM Card Anda dan memasangnya kembali di slot yang lain. Berhati-hatilah saat memindahkan kartu SIM agar tidak sampai tergores, karena akan mempengaruhi sensitivitas kartu.

Atau yang paling penting adalah slot kartu gawai Anda jangan sampai rusak atau patah. Apalagi kalau Anda sering menguat-atiknya, bisa saja terbentur atau patah sehingga SIM tidak terbaca.

4. Hubungi operator gawai Anda melalui Call Center Operator

Langkah terakhir yang bisa Anda tempuh adalah memeriksa ke operator dan memastikan sumber masalah. Hal ini penting untuk mengetahui operator yang sedang ada masalah atau Anda yang harus ganti gawai.

BACA JUGA: Cara Download Status WhatsApp Pakai Xender, Mudah Banget

Kesimpulan

Kenapa data seluler tidak bisa digunakan adalah masalah yang sering dialami oleh pengguna internet dan terkadang bingung mengatasinya. Pemicu gangguan bisa beragam tergantung jenis masalah yang Anda alami. Cara menangani setiap masalah harus diketahui dulu apa pemicunya.