Aplikasi Dapodik 2023, Terbaru dari Kemdikbud

Aplikasi Dapodik 2023

JSMedia – Aplikasi Dapodik 2023 adalah Data Pokok Pendidikan keluaran terbaru yang dirilis oleh Kemdikbud pada hari Sabtu tanggal 16 Juli 2022. Lakukan update dari aplikasi lama ke Dapodik terbaru 2023 ini agar bisa menggunakannya dalam versi yang lebih baik, jika Anda adalah salah satu penggunanya.

Khusus untuk pembahasan kali ini mengenai tutorial mengunduh dan instal Data Pokok Pendidikan 2023 atau yang sering disingkat dengan nama Dapodik 2023. Simak penjelasan selengkapnya di sini agar memudahkan Anda.

Baca juga: Informasi ccseb.bat PPG Kemdikbud Terbaru 2022

Unduh dan Instal Aplikasi Dapodik 2023

Aplikasi Dapodik 2023 adalah misi tersendiri dari Kemdikbud agar lebih memudahkan para penggunanya. Pada Dapodik 2023 yang sudah dirilis baru-baru ini, terdapat beberapa fitur terbaru yang telah dilakukan pembaruan oleh pihak Kemendikbud itu sendiri. Lain daripada itu hanya dilakukan perbaikan.

Cara Unduh Dapodik 2023

Pembaruan tersebut juga untuk menyempurnakan fitur lama agar lebih baik lagi saat digunakan. Jika Anda merupakan pengguna aplikasi Dapodik, maka tentu informasi ini menarik bagi Anda. Anda tentu akan lebih mudah mengoptimalkan Dapodik versi 2023 ini.

Baca juga: Aplikasi Seleksi Akademik PPG 2022 Kemendikbud, Download Sekarang!

Maka dari itu jika saat ini aplikasi yang Anda gunakan adalah versi lama yaitu Dapodik 2022, ada baiknya untuk segera di-update dengan aplikasi versi terbarunya. Kemudian Anda akan menemukan fitur-fitur yang telah disempurnakan tersebut. Adapun untuk mengunduh aplikasi ini adalah pekerjaan yang mudah.

Versi terbarunya sudah bisa Anda unduh melalui website Kemdikbud yang resmi. Jika ingin lebih mudah mendapatkan aplikasinya, klik link ini untuk mengunduh aplikasi terbarunya.

Cara Instal Aplikasi dari Kemdikbud

Memasang aplikasi Dapodik 2023 adalah pekerjaan yang mudah untuk Anda lakukan. Jika Anda butuh petunjuk untuk hal tersebut, maka Anda bisa menyimak tutorialnya seperti yang berikut ini:

  1. Sebelum melakukan pemasangan aplikasi terbaru Anda harus menghapus versi lama terlebih dahulu. Untuk itu pilih ‘Control Panel’ dan klik ‘Program’ untuk uninstall programs.
  2. Selanjutnya Anda cari aplikasi Dapodik, pilih uninstall dan tunggu beberapa saat sampai prosesnya selesai.
  3. Kemudian Anda bisa membuka ‘Local Disko’ agar mendapatkan folder ‘Program Files’.
  4. Sampai pada langkah ini, Anda harus memastikan folder Dapodik sudah tidak ada, namun jika Anda memang masih menemukan foldernya bisa segera dihapus.
  5. Kemudian temukan file Dapodik 2023 yang sudah berhasil diunduh sebelumnya, lanjutkan dengan klik kanan pada file tersebut kemudian pilih ‘Run as Administrator’.
  6. Selanjutnya Klik ‘Lanjut’ dan pilih ‘Saya Setuju’, kemudian Anda klik lagi ‘Lanjut’ dan pilih ‘Pasang’.
  7. Tunggu beberapa saat lagi sampai prosesnya selesai.
  8. Saat muncul Windows Defender Firewall, Anda pilih ‘Private Networks and Public Networks’,  dan klik ‘Allow Access’.
  9. Terakhir klik ‘Selesai’.

Registrasi Dapodik Terbaru Versi 2023

Lakukan registrasi untuk akun Anda di Dapodik 2023 setelah proses instal berhasil karena hal ini merupakan poin penting agar aplikasi dapat digunakan dengan baik. Ikuti tutorial registrasi berikut ini:

  1. Sebelumnya Anda bisa memutuskan akan melakukan registrasi secara online atau offline.
  2. Dibutuhkan username, password, dan kode registrasi.
  3. Jangan sampai Anda memasukkan username, password, dan kode registrasi yang salah.
  4. Klik ‘Registrasi’.
  5. Registrasi telah selesai dilakukan jika ada notifikasi ‘Registrasi Berhasil’.

Kesimpulan

Aplikasi Dapodik 2023 adalah pembaruan yang dilakukan oleh pihak Kemdikbud ke versi terbaru. Namun tentunya setiap penggunanya bisa mengakses aplikasinya dengan mudah. Jika Anda adalah salah satu penggunanya dan masih memakai aplikasi lama, maka segeralah diganti dengan versi terbaru.