Cara Menghilangkan Tombol Navigasi di HP Android Tanpa Root

Cara Menghilangkan tombol Navigasi HP
Cara Menghilangkan tombol Navigasi HP

Bagi sebuah smartphone, kemudahan navigasi menjadi hal yang sangat penting untuk memaksimalkan pengalaman pengguna. Bagaimana kita berpindah antara aplikasi, kembali ke menu utama, atau mengakses fitur-fitur penting lainnya adalah aspek kunci dalam penggunaan perangkat Android.

Namun dalam beberapa tahun terakhir, kemampuan untuk menghilangkan tombol-tombol navigasi tradisional dan beralih ke navigasi gestur telah muncul sebagai alternatif yang menarik untuk dicoba oleh para pengguna HP android.

Apakah kalian pernah merasa tombol navigasi di layar ponsel kalian membuat tampilan menjadi kurang menarik dan ingin menghilangkannya? Artikel ini akan membahas bagaimana kalian bisa menghilangkan tombol navigasi pada perangkat Android.

Dimana pada perangkat dengan Android 9 Pie atau versi yang lebih baru, fitur tersebut sudah bisa digantikan oleh navigasi gestur yang lebih intuitif. Mari kita simak pembahasan dan tutorial lengkapnya dalam artikel berikut ini.

Tutorial Menghilangkan Tombol Navigasi Android

Cara Menghilangkan tombol Navigasi HP
Cara Menghilangkan tombol Navigasi HP

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pada smartphone dengan sistem operasi Android 9 Pie atau yang lebih baru memungkinkan kita untuk mengatur navigasi sesuai preferensi masing-masing.

Apakah kalian ingin menghilangkan tombol-tombol navigasi tradisional atau hanya menggunakan beberapa tombol saja, semuanya bisa diatur dengan sangat mudah. Untuk caranya, silahkan simak tutorial berikut ini :

  • Buka Pengaturan dan pilih opsi Tampilan.
  • Setelah itu, kalian pilih opsi Lanjutan.
  • Cari dan pilih opsi Bar Navigasi/Panel Navigasi.
  • Untuk menghilangkannya, pilih Sembunyikan Panel Navigasi Menggunakan Gerakan.
  • Nah sekarang fitur navigasi bar sudah hilang dan digantikan oleh gesture.
  • Gampang bangetkan? Penggunaan smartphone akan jadi lebih mudah dan praktif.

1. Menghilangkan Navigasi Bar di HP Xiaomi

Di smartphone keluaran Xiaomi juga sudah tersedia fitur untuk menghilangkan tombol navigasi tradisional dan diganti menjadi gesture. Bagaimana caranya? Simak tutorial berikut ini :

  • Langsung masuk ke menu Setting atau Pengaturan.
  • Pilih menu Additional Settings.
  • Lanjut dengan pilih Full Screen Display.
  • Lanjut dengan ubah bagian System Navigation ke Full Screen Gesture.
  • Scroll ke bawah untuk tahu gerakan yang bisa kalian gunakan.
  • Pelajari dan hafalkan agar nanti bisa menggunakannya.

2. Menghapus Navigasi di HP Samsung Galaxy

Untuk para pengguna smartphone Samsung Galaxy, maka juga sudah disesuaikan untuk mengatur navigasi bar sesuai dengan keinginan serta preferensi masing-masing. Berikut tutorialnya :

  • Buka Pengaturan, kemudian pilih menu Tampilan.
  • Lanjut scroll ke bawah dan pilih Bar Navigasi.
  • Setelah itu, pilih opsi antara Tombol atau Gerakan Gesek.
  • Jika ingin menghilangkan tombol navigasi, pilih Gerakan Gesek.
  • Maka nanti kita akan beralih ke fitur gesture.
  • Gampang bangetkan? Langsung saja kalian coba sendiri.

3. Ganti Ke Navigasi Gesture di HP Realme

Sementara itu, untuk para pengguna Realme juga bisa beralih dari sistem navigasi bar biasa ke gesture. Untuk mengubah settingannya, kalian bisa simak tutorial berikut :

  • Buka pengaturan di smartphone kalian, pilih Navigasi Sistem.
  • Lalu tinggal aktifkan fitur Navigasi Gesture untuk menghilangkan tombolnya.
  • Sekarang tinggal pelajari gerakan navigasinya agar lebih mudah digunakan.

Kelebihan Navigasi Gestur di Android

Cara Menghilangkan tombol Navigasi HP
Cara Menghilangkan tombol Navigasi HP

Navigasi gestur menawarkan sejumlah kelebihan yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna dengan perangkat Android. Meskipun awalnya mungkin memerlukan sedikit penyesuaian, manfaat dan kenyamanan jangka panjang yang ditawarkan navigasi gestur sangatlah menarik.

1. Tampilan Layar Lebih Luas

Dengan menghilangkan tombol navigasi tradisional, kalian akan memiliki lebih banyak ruang layar yang dapat kalian dimanfaatkan untuk konten aplikasi dan tampilan yang lebih jernih.

2. Desain Modern

Navigasi gestur memberikan kesan tampilan yang lebih modern dan inovatif. kalian dapat merasa seperti menggunakan perangkat yang lebih canggih dan up-to-date.

3. Navigasi Lebih Cepat

Setelah terbiasa, navigasi gestur dapat menjadi lebih cepat daripada menggunakan tombol navigasi tradisional. Gerakan simpel pada layar memberikan akses cepat ke fungsi-fungsi penting.

4. Interaksi yang Lebih Alami

Menggunakan gerakan fisik untuk berinteraksi dengan perangkat lebih alami daripada menekan tombol. Hal ini bisa meningkatkan keterlibatan kalian dengan perangkat.

Kesimpulan

Menghilangkan tombol navigasi dan beralih ke navigasi gestur adalah langkah kecil namun dapat mengoptimalkan pengalaman penggunaan Android kalian. Umumnya, fitur navigasi gesture tersebut sudah tersedia untuk semua perangkat android dengan OS 9 keatas baik untuk HP Xiaomi, Realme, Samsung dan lainnya.

Dengan mengikuti langkah-langkah yang dijelaskan dalam artikel ini, kalian dapat merancang cara navigasi yang sesuai dengan gaya dan kebutuhan kalian. Sehingga akan membuat pengalaman menggunakan smartphone jadi lebih seru dan menyenangkan.