Apa Itu Data OBB Pada Aplikasi dan Game Android?

Fungsi Data OBB Android
Fungsi Data OBB Android

Ketika kalian menginstall sebuah aplikasi atau game di perangkat android, terkadang diharuskan untuk mendownload data OBB tambahan yang ukurannya cukup besar. Nah hal tersebut pastinya membuat kalian penasaran, apa sih yang sebenarnya dimaksud dengan data OBB itu lalu apa fungsinya?

Pertanyaan tersebut memang banyak muncul khususnya di kalangan para pengguna smartphone android. Karena seringkali game-game jaman sekarang memiliki data OBB yang cukup besar. Dan tanpa data OBB tersebut, biasanya sebuah aplikasi atau game tidak akan bisa dibuka dan dijalankan.

Apa Itu Data OBB?

Fungsi Data OBB Android
Fungsi Data OBB Android

Data OBB merupakan singkatan dari Opaque Binary Blob, yaitu komponen penting dalam sebuah aplikasi dan game Android. ia merupakan jenis file data yang seringkali memiliki ukuran yang cukup besar dan berfungsi sebagai bagian bagian penting dari fungsionalitas sebuah aplikasi atau game.

Data OBB tersebut dapat diibaratkan sebagai “jantung” dari game berukuran besar, Data OBB berperan sangat penting yang memungkinkan kita untuk menikmati grafis yang memukau dan konten yang melimpah tanpa harus mengorbankan ruang penyimpanan pada perangkat mereka.

Jadi jika diibaratkan, Data OBB seperti koper ajaib yang menyimpan berbagai elemen dan konten tambahan yang diperlukan oleh sebuah game Android. Hal tersebut termasuk efek audio, grafik, atau lainna yang membuat sebuah game menjadi leih menarik. Tanpa adanya Data OBB, game yang diunduh biasanya tidak akan bisa dimainkan.

Data OBB memiliki peran ganda yang sangat penting. Pertama, membantu menjaga ukuran file utama aplikasi agar tetap kecil dengan menyimpan data pendukung seperti musik dan video secara terpisah. Kedua, memfasilitasi para pengembang dalam proses pengembangan aplikasi dengan memungkinkan penambahan atau modifikasi komponen tanpa harus mengubah keseluruhan aplikasi.

Fungsi Data OBB Pada Aplikasi dan Game

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa data OBB tersebut memiliki fungsi yang sangat penting bagi sebuah game maupun aplikasi android. Berikut Jakarta Stusio akan jelaskan secara rinci tentang kegunaan data OBB.

1. Menyimpan Informasi Pelengkap

Data OBB tidak hanya menjadi penyimpanan, melainkan juga sebuah wadah untuk segala informasi tambahan yang dapat mendukung sebuah game Android. Pencapaian-pencapaian pribadi, level-level yang berhasil diselesaikan, atau elemen-elemen seru lainnya tersimpan di sini.

2. Mengurangi Ukuran Aplikasi

Salah satu fungsi utama Data OBB adalah untuk menjaga ukuran aplikasi tidak terlalu besar. Dengan menyimpan file-file pendukung seperti musik dan video dalam Data OBB secara terpisah, aplikasi yang diunduh dari Play Store atau sumber lain dapat memiliki ukuran file yang lebih kecil.

3. Mendukung Kelancaran Fungsi Game

Tanpa adanya Data OBB, game kesayangan kalian mungkin tidak akan dapat berjalan dengan lancar atau bahkan tidak bisa dibuka sama sekali. Fungsi Data OBB adalah memastikan bahwa setiap aspek dalam game dapat berjalan tanpa kendala, sehingga pengalaman bermain bisa lancar dan memberikan keseruan tanpa batas.

4. Memungkinkan Modifikasi

Tidak hanya sebagai penyimpanan, Data OBB juga memberikan kebebasan bagi mereka yang suka melakukan kustomisasi dalam game. Dengan mengakses dan mengedit Data OBB, pengguna dapat melakukan berbagai modifikasi, seperti membuka level yang terkunci atau menambahkan mod sesuai dengan selera mereka.

Perbedaan Data OBB dan Data Aplikasi

Fungsi Data OBB Android
Fungsi Data OBB Android

Nah sekarang mungkin kalian jadi terpikirkan, apakah data OBB dan data aplikasi itu sama? Ternyata keduanya berbeda lho, untuk mengetahui apa bedanya kalian bisa simak rangkuman informasi yang sudah Jakarta Studio buat berikut ini.

Data OBB atau Opaque Binary Blob dapat diibaratkan sebagai koper besar yang menyimpan aset digital tambahan yang dibutuhkan oleh suatu aplikasi atau game Android. File ini umumnya berukuran besar dan bertanggung jawab menyimpan grafik, suara, atau video yang memperkaya pengalaman pengguna. Data OBB bersifat terkompresi dan memerlukan ekstraksi sebelum dapat digunakan.

Sementara itu, data aplikasi adalah nadi dari aplikasi itu sendiri. Tempat di mana informasi penting seperti pengaturan, data pengguna, dan elemen operasional lainnya disimpan. Data aplikasi berada dalam struktur folder yang dapat diakses langsung oleh sistem operasi Android.

Berikut adalah beberapa poin penting perbedaan antara data OBB dan data aplikasi :

1. Tujuan Penggunaan

Data OBB digunakan untuk menyimpan aset-aset yang menunjang fungsi aplikasi atau game, seperti audio dan visual. Sementara data aplikasi berisi segala sesuatu yang diperlukan agar aplikasi bisa berjalan, termasuk pengaturan dan informasi pengguna.

2. Isi Datanya

Data OBB umumnya berisi file pendukung yang memperkaya pengalaman pengguna saat menggunakan aplikasi atau bermain game. Sementara itu, data aplikasi lebih ke arah data operasional yang diperlukan agar aplikasi dapat dijalankan dengan baik.

3. Penyimpanan

Data OBB sering kali disimpan dalam format terkompresi dan memerlukan ekstraksi sebelum bisa digunakan, sementara data aplikasi tersimpan dalam struktur folder yang siap diakses oleh sistem operasi Android.

Dimana Data OBB Tersimpan?

Data OBB pada aplikasi dan game Android biasanya tersimpan di direktori khusus di penyimpanan internal perangkat. Struktur penyimpanan ini dapat bervariasi tergantung pada konfigurasi aplikasi dan game tertentu, namun umumnya dapat ditemukan di lokasi berikut:

/Android/obb/nama_paket_aplikasi/

Di mana nama_paket_aplikasi adalah identifikasi unik untuk setiap aplikasi atau game. Adapun direktori /obb/ ini berisi file-file OBB yang dibutuhkan oleh aplikasi atau game tersebut.

Perlu diingat bahwa tidak semua aplikasi atau game menggunakan Data OBB, terutama yang bersifat ringan atau tidak memerlukan aset tambahan berukuran besar. Jika suatu aplikasi memerlukan Data OBB, folder ini biasanya akan dibuat secara otomatis setelah instalasi aplikasi pada perangkat kalian.

Kesimpulan

Bagaimana, sekarang kalian sudah tahukan apa yang dimaksud dengan data OBB pada sebuah aplikasi dan game android? Ia menyimpan berbagai elemen tambahan yang diperlukan untuk menambah keseruan pengalaman pengguna. Sehingga tanpa adanya data OBB, sebuah game atau aplikasi terkadang akan error atau bahkan tidak bisa digunakan.

Memang tidak semua jenis aplikasi atau game akan membutuhkan yang namanya data OBB. Umumnya hanya game yang berukuran besar dan membutuhkan banyak aset tambahanlah yang akan memiliki data OBB demi memperkecil ukuran file APKnya. Sehingga kalian tidak perlu download bergiga-giga ketika akan menginstall game.