Solusi HP Realme Layar Blank Hitam Padahal Nyala

Solusi HP Realme Blank Hitam
Solusi HP Realme Blank Hitam

Apakah pernah HP Realme kalian layarnya blank hitam padahal sudah dinyalakan? Sudah menunggu selama beberapa menit tapi tidak juga muncul tampilan pada layar smartphone. Padahal perangkat sendiri menunjukan tanda bahwa mesin dalam kondisi hidup, hanya saja tidak muncul tampilan pada layar. Apa penyebabnya?

Penyebab Layar Blank Hitam Realme

Solusi HP Realme Blank Hitam
Solusi HP Realme Blank Hitam

Masalah seperti ini bisa disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari kerusakan pada komponen hardware ataupun error pada sistem softwarenya. Nah mari kita bahas satu per satu berikut ini.

1. Kesalahan Sistem Operasi

Error atau bug pada sistem operasi dapat menjadi pemicu umum layar blank hitam di HP Realme. Ini mungkin terjadi akibat glitch atau crash pada perangkat lunak, mengakibatkan sistem tidak bisa menampilkan interface pada layar. Biasanya hal ini dapat terjadi karena OS yang belum diupdate atau penggunaan custom ROM yang tidak kompatibel.

2. Kerusakan Komponen

Kerusakan pada komponen perangkat keras juga menjadi penyebab lain dari layar blank hitam. Komponen seperti motherboard atau bagian-bagian vital lainnya yang mengalami masalah bisa membuat tampilan tidak bisa muncul pada layar LCDD. Jadi harus dilakukan pemeriksaan pada perangkat keras apakah ada yang rusak atau bermasalah.

3. LCD Rusak atau Bermasalah

Kemudian kerusakan pada komponen LCD seperti pecah, retak atau kabel fleksibel putus juga dapat menyebabkan layar menjadi blank hitam. Karena kerusakan yang dialami membuat layar LCD tidak lagi mampu menampilkan gambar dengan baik. Umumnya, kerusakan pada lCD dapat disebabkan oleh benturan keras atau jatuh dari tempat yang tinggi.

Solusi Layar Realme Blank Hitam

Solusi HP Realme Blank Hitam
Solusi HP Realme Blank Hitam

Jika kailan mengalami masalah yang satu ini, maka ada beberapa tips trik yang bisa kalian coba untuk mengatasinya. Ingin tahu apa saja? Silahkan simak panduan lengkap yang sudah Jakarta Studio susun berikut ini.

1. Paksa Restart HP

Jika menghadapi layar HP Realme blank hitam, langkah pertama yang dapat diambil adalah melakukan restart paksa. Tekan dan tahan tombol Volume Up + Volume Down + Power secara bersamaan selama beberapa detik. Proses restart ini dapat menyegarkan sistem operasi dan mengatasi bug atau error yang ada pada sistem.

2. Lepas Kartu SIM dan Memori Eksternal

Dengan melepaskan kartu SIM dan memori eksternal yang terpasang di HP juga bisa menjadi solusi. Biasanya adanya aksesoris tambahan dapat menyebabkan error pada perangkat HP. Kemudian lakukan restart perangkat untuk cari tahu apakah perangkat sudah normal kembali. Tindakan ini bertujuan untuk memastikan bahwa masalah tidak berasal dari komponen tambahan tersebut.

3. Lakukan Factory Reset

Jika masalah terjadi akibat adanya bug atau error pada sistem operasi, melakukan reset pabrik mungkin bisa menjadi solusinya. Namun kalian harus backup data-data penting terlebih dahulu sebelum melakukan factory reset. Dengan begitu, semua data penting kalian akan tetap aman dan tidak terhapus.

4. Periksa Kondisi Layar HP

Periksa layar HP kalian apakah ada kerusakan yang terlihat disana. Jika terdapat retakan atau pecah pada LCD, ini mungkin menjadi penyebab layar blank hitam dan tidak bisa menampilkan gambar. Untuk mengatasinya, kalian perlu melakukan penggantian LCD dengan yang baru.

5. Klaim Garansi

Apabila smartphone kalian masih dalam masa garansi, sebaiknya segera lakukan klaim. Mungkin error yang membuat layar jadi blank hitam disebabkan oleh cacat produksi. Sehingga untuk perbaikannya masih akan dicover oleh garansi. Sebaiknya kalian bawa ke gerai Realme terdekat untuk mengeceknya.

6. Bawa ke Tempat Servis HP

Jika tips diatas belum bisa menjadi solusi dari layar blank hitam, segera bawa perangkat ke pusat servis resmi Realme atau ahli teknisi. Mungkin diperlukan pengecekan lebih lanjut untuk mengetahui sumber masalahnya. Karena mungkin terdapat komponen yang rusak dan harus dilakukan pergantian.

Kesimpulan

Demikian tips trik untuk mengatasi layar blank hitam pada HP Realme. Mungkin masalah tersebut disebabkan ooleh adanya error pada sistem operasi ataupun kerusakan pada komponen hardware. Nah kalian bisa coba lakukan pengecekan atau bawa ke tempat service agar dilakukan perbaikan oleh teknisi ahli.