Mengenal Jenis Item Attack Speed di Mobile Legends

Daftar Item ASPD di Mobile Legends
Daftar Item ASPD di Mobile Legends

Di game Mobile Legends, ada banyak sekali aspek yang harus diperhatikan terutama dari segi build item. Dimana item-item yang kita gunakan akan sangat mempengaruhi performa dari hero yang kita gunakan. Maka dari itu, penggunaan item harus disesuaikan dengan tipe hero yang sedang digunakan.

Contohnya, ketika kita menggunakan hero marksman, maka cenderung lebih banyak menggunakan item dengan stats attack speed atau critical. Nah dalam kesempatan kali ini, Jakarta Studio akan mengajak kalian untuk mengenal lebih jauh tentang item-item attack speed yang ada di Mobile Legends.

Dengan begitu, kalian akan jadi lebih tahu kegunaan dari masing-masing item ASPD tersebut beserta dengan hero apa saja yang cocok untuk menggunakannya. Karena hal ini tentu sangat penting untuk menentukan strategi serta pemilihan build item yang cocok untuk hero-hero di MLBB, khususnya yang bergantung pada attack speed.

Apa yang Dimaksud Dengan Attack Speed?

Daftar Item ASPD di Mobile Legends
Daftar Item ASPD di Mobile Legends

Attack Speed, atau attack speed, merujuk pada parameter penting dalam Mobile Legends yang mengukur seberapa cepat seorang hero dapat melancarkan serangan dasar (basic attack) dalam suatu periode waktu tertentu. Biasanya, attack speed diukur dalam serangan per detik atau persentase peningkatan dari attack speed normal seorang hero.

Semakin tinggi nilai ASPD, maka semakin cepat hero dapat melancar normal attack ke musuh. Sehingga nanti juga secara otomatis akan meningkatkan potensi damage yang dapat dihasilkan dalam waktu yang lebih singkat. Oleh karena itu, attack speed sangatlah penting khususnya oleh hero-hero marksman yang bergantung pada normal attack, bukan penggunaan skill.

Dampak Attack Speed di Mobile Legends

  • Efektivitas Damage: Attack Speed yang tinggi akan meningkatkan potensi damage hero dalam waktu singkat, memungkinkan mereka untuk mendominasi pertempuran dengan serangan bertubi-tubi.
  • Keuntungan Strategis: Kecepatan serangan juga memberikan keunggulan strategis dalam pertempuran satu lawan satu, di mana dengan serangan yang cepat maka bisa membuat lawan menerima damage yang lebih banyak.
  • Mobilitas dan Kontrol: Dengan ASPD yang tinggi memungkinkan hero untuk lebih efisien membersihkan gelombang minion. Sehingga akan memberikan pemain lebih banyak kontrol terhadap lane serta memungkinkan rotasi lebih cepat.

Beberapa Jenis Item Attack Speed Mobile Legends

Di game Mobile Legends, kalian bisa menemukan beberapa jenis item yang memang diperuntukan untuk meningkatkan stats ASPD seorang hero. Nah kalian harus paham kegunaan dari masing-masing item attack speed tersebut serta siapa saja yang cocok untuk menggunakannya.

1. Swift Boots

Daftar Item ASPD di Mobile Legends
Daftar Item ASPD di Mobile Legends

Swift Boots menjadi salah satu pilihan yang sangat cocok untuk mengoptimalkan attack speed hero. Dengan peningkatan Movement Speed dan Attack Speed yang diberikannya, Swift Boots cocok digunakan oleh hero yang mengandalkan gaya permainan yang dinamis dan agresif. Hero dengan fokus pada mobilitas akan merasakan manfaat signifikan dari peningkatan Movement Speed, sehingga membuat mereka lebih cepat melakukan rotasi.

2. Scarlet Phantom

Daftar Item ASPD di Mobile Legends
Daftar Item ASPD di Mobile Legends

Scarlet Phantom merupakan item attack speed yang cocok untuk Marksman di Mobile Legends. Dengan harga yang tergolong murah, item ini memberikan bonus +30 physical attack, +20% attack speed, dan +25% critical chance. Ditambah dengan pasif uniknya yang meningkatkan attack speed dan critical chance setelah critical hit.

3. Wind of Nature

Daftar Item ASPD di Mobile Legends
Daftar Item ASPD di Mobile Legends

Ttem yang satu ini juga memberikan bonus stats yang cukup besar, mulai dari tambahan 10 physical attack, 25% attack speed, dan 15% physical lifesteal. Namun, keistimewaan utamanya terletak pada skill aktifnya, yang memberikan kekebalan terhadap semua physical damage selama dua detik. Efek ini akan sangat membantu para marksman untuk lebih lama bertahan dalam pertempuran.

4. Windtalker

Windtalker, merupakan salah satu item ASPD dengan tambahan attack speed tertinggi di Mobile Legends. Ia memberikan tambahan 40% attack speed, 20 movement speed, dan 10% critical chance. Selain itu, item ini juga memiliki pasif yang unik, dimana setiap 3 – 5 detik, basic attack dari hero yang menggunakan Windtalker dapat mengenai hingga tiga lawan sekaligus. Sehingga akan memberikan dampak area yang besar dalam pertempuran. Bahkan pasif ini juga memberikan tambahan 5% ASPD.

5. Golden Staff

Daftar Item ASPD di Mobile Legends
Daftar Item ASPD di Mobile Legends

Golden Staff merupakan item selanjutnya yang memberikan tambahan attack speed, sangat cocok khususnya untuk hero Marksman di Mobile Legends. Dengan harga 2100 gold, item ini tidak hanya memberikan tambahan stats 65 physical attack, tetapi juga memberikan bonus sebesar 30% attack speed. Dengan stats tersebut bisa secara signifikan membuat hero-hero marksman jadi lebih kuat.

Tidak hanya sampai disitu saja, Golden Staff ini juga punya 2 pasif unik. Pertama, setiap peningkatan 1% dari critical chance akan dikonversikan menjadi 1% attack speed. Kedua, pasif unik lainnya membuat setiap basic attack meningkatkan satu stack endless strike, dan saat dua stack terkumpul, basic attack selanjutnya akan aktif sebanyak tiga kali yang akan meningkatkan damage kalian.

6. Corrosion Scythe

Daftar Item ASPD di Mobile Legends
Daftar Item ASPD di Mobile Legends

Corrosion Scythe adalah item ASPD yang unik, karena ia tidak hanya cocok untuk marksman, tapi juga bagus untuk para fighter. Kalian bisa membelinya dengan harga yang terjangkau yaitu 2050 gold saja. Dengan item tersebut, kalian akan mendapatkan tambahan 50 physical attack, 5% movement speed, dan 25% attack speed.

Ia juga memiliki pasif unik yaitu memberikan efek slow sebesar 30% pada lawan setiap kali basic attack dilakukan yang akan membuat lawan sulit untuk kabur. Selain itu, pasif uniknya juga meningkatkan movement speed hero sebesar 8%, dan efek ini dapat di-stack hingga lima kali. Dengan 2 pasif tersebut, membuat kalian lebih mudah melakukan kiting ataupun membuat lawan tidak bisa kabur.

7. Demon Hunter Sword

Daftar Item ASPD di Mobile Legends
Daftar Item ASPD di Mobile Legends

Demon Hunter Sword, merupakan salah satu item ASPD yang mematikan hampir bagi semua hero-hero bertipe physical. Dibanderol dengan harga dengan harga 2150, ia memberikan tambahan tambahan 35 physical attack dan 25 attack speed. Kalian juga harus perhatikan pasif uniknya yang membuatn item ini begitu mematikan.

Setiap basic attack tidak hanya memberikan damage biasa, tetapi juga menambahkan 9% dari HP target yang tersisa sebagai physical damage tambahan. Selain itu, serangan basic attack akan memberikan tambahan 3% physical attack selama tiga detik, dan efek ini bisa di-stack hingga lima kali. Dengan efek tersebut, ia bisa menembus para tank yang punya HP panjang sekalipun.

Tips Pemilihan Item ASPD di Mobile Legends

Dalam memilih item attack speed yang akan digunakan untuk seorang hero, maka kita tidak boleh sembarangan. Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan mulai dari stats yang diberikan, efek item hingga kebutuhan hero serta situasi permainan yang sedang berlangsung. Kalian bisa simak beberapa tips triknya berikut ini.

1. Perhatikan Karakteristik Hero

Setiap hero memiliki kebutuhan yang unik berdasarkan tipe serangan dan perannya dalam tim. Pilih item Attack Speed yang sesuai dengan karakteristik hero kalian. Misalnya, Marksman mungkin lebih membutuhkan item dengan peningkatan critical chance, sementara Fighter dapat mengutamakan item dengan efek slow.

2. Adaptasi Terhadap Komposisi Musuh

Amati komposisi musuh sebelum memilih item Attack Speed yang tepat. Jika musuh memiliki banyak hero dengan serangan tinggi, item seperti Wind of Nature yang memberikan defense terhadap physical attack adalah pilihan yang tepat.

3. Perhatikan Keseimbangan Item

Jangan terlalu fokus hanya pada attack speed hero saja. Pertimbangkan juga kebutuhan lain seperti movement speed, defense, dan critical chance. Dengan kombinasi item yang seimbang dapat memberikan hero kemampuan secara solid tanpa berat sebelah.

4. Sesuaikan Dengan Gaya Bermain

Pilih item Attack Speed yang sesuai dengan gaya bermain tim dan individu. Jika tim lebih mengutamakan serangan mendadak, item seperti Windtalker yang memberikan damage area dapat sangat berdampak. Bagi hero yang lebih suka melakukan serangan cepat dalam jarak dekat, Scarlet Phantom atau Demon Hunter Sword bisa menjadi pilihan yang bagus.

5. Berfokus pada Sinergi Item

Pertimbangkan sinergi antara item Attack Speed dengan item lainnya. Contohnya, Golden Staff memiliki sinergi yang bagus dengan critical chance, karena setiap peningkatan 1% dari critical chance akan dikonversikan menjadi 1% attack speed. Sehingga akan meningkatkan efektivitas dari masing-masing item.

6. Selalu Perhatikan Patch

Setiap pembaruan (patch) dalam Mobile Legends dapat mempengaruhi keseimbangan dan efektivitas item. Selalu perhatikan perubahan dalam meta game dan lakukan penyesuaian yang mungkin diperlukan pada pemilihan item Attack Speed.

Kesimpulan

Pemilihan item attack speed memang sangatlah penting khususnya bagi hero-hero seperti marksman. Mereka umumnya lebih mengandalkan normal attack daripada penggunaan skill. Sehingga mereka cenderung lebih membutuhkan attack speed yang tinggi agar bisa melancarkan serangan dengan frekuensi yang lebih cepat. Dengan begitu, potensi damage yang dihasilkan pun lebih tinggi.