Cobain deh! 3 Cara Mengubah Tema Telegram Agar Tampilan Lebih Menarik

3 Cara Mengubah Tema Telegram

JSMedia – Sama seperti aplikasi perpesanan lainnya, Telegram juga memungkinkan penggunanya dapat mengubah tema. Menariknya, jika aplikasi lain hanya bisa menggunakan tema bawaan dari aplikasi, fitur Telegram ini lebih unik.

Selain dapat menggunakan tema yang sudah tersedia di Telegram, kamu juga bisa mengubah tema sesuai dengan keinginan. Jadi, Telegram menawarkan cara lain untuk mengubah tema jika pengguna bosan dengan tema yang disediakan.

Terdapat beberapa cara yang bisa dicoba jika kamu ingin mengubah tema Telegram. Berikut penjelasan lengkapnya mengenai cara mengubah tema Telegram.

Cara Mengubah Tema dan Pengaturan Chat Telegram

Agar tampilan pesan Telegram menjadi lebih menarik dan tidak membosankan, kamu bisa mengubah tema dengan cara-cara di bawah ini. Bisa dengan menggunakan tema yang sesuai dengan selera, yang sudah dibuat oleh orang lain, atau selengkapnya seperti berikut ini.

1. Menggunakan Tema Bawaan Telegram Sesuka Hati

1. Menggunakan Tema Bawaan Telegram Sesuka Hati

Cara pertama ini merupakan cara yang paling mudah. Kamu bisa memilih tema Telegram telah disediakan. Ikuti cara berikut ini jika kamu ingin mengubah tema.

  1. Untuk masuk ke halaman Telegram, kamu harus login terlebih dahulu ke akun Telegram kamu.
  2. Pilih ikon tiga garis putih di pojok kiri atas layar.
  3. Kemudian pilih “Settings” untuk pengaturan
  4. Karena tampilan berhubungan dengan pengaturan obrolan, maka pilih “Chat Settings”.
  5. Setelah itu, akan muncul beberapa pilihan fitur desain obrolan yang bisa kamu atur sesuka hati, seperti mengganti ukuran teks, bentuk dan warna gelembung chat.
  6. Pilih “Change Chat Background” untuk mengganti tampilan latar belakang halaman obrolan. Kamu bisa memilih warna background sesuai dengan selera atau bisa juga mengganti background-nya dengan gambar di galeri pribadi. Tekan “Select from Gallery” jika ingin pilih gambar dari galeri sebagai
  7. Alternatif lainnya yaitu kamu bisa memilih “Set a Color” untuk mengatur warna background. Lalu pilih warnanya sesuai keinginan.
  8. Terakhir pilih Set Background untuk mengakhiri pilihan.

Mengubah tema sesuka hati memang menyenangkan. Jangankan warna, ingin menambahkan efek pada latar belakang obrolan juga bisa. Agar tidak merepotkan, sebenarnya kamu tinggal pilih menu yang bisa mengubah tema secara keseluruhan dengan satu kali klik saja. Setelah itu, seketika Telegram akan mengubah nuansa aplikasi.

2. Buat Tema Kamu Sendiri

2. Buat Tema Kamu Sendiri

Jika bosan dengan pilihan warna yang itu-itu saja, buatlah tema sendiri atau tema pribadi yang berbeda dengan lainnya. Kamu juga bisa menyimpannya dan dapat digunakan lagi ketika berganti tema lain.

Caranya cukup mudah sekali. Berikut tahapannya.

  1. Login agar bisa masuk ke profil Telegram kamu.
  2. Pilih ikon titik tiga atau garis tiga berwarna putih di bagian pojok atas layar.
  3. Pilih “Pengaturan”.
  4. Kemudian, pilih “Pengaturan Obrolan”.
  5. Tekan pilihan “Buat tema baru”. Berikan nama tema kamu. Lalu ubah pengaturan tampilan seperti yang kamu inginkan. Mulai dari mengatur warna, ukuran huruf, pemberian gambar, dan lain-lain.
  6. Klik “Simpan” untuk mengakhiri pengaturan membuat tema sendiri.

Baca Juga: Kalian Harus Tahu Istilah Deak RP Di Telegram

3. Tema Download dari Google atau Channel Telegram

3. Tema Download dari Google atau Channel Telegram

Ada satu cara lagi yang bisa kamu coba selain memilih tema yang tersedia dan membuat tema sendiri. Kamu bisa mengubah tema dari hasil download yang didapatkan secara gratis lewat Google atau pun dari Channel Telegram. Caranya tidak rumit, hanya saja sedikit lama. Berikut cara-caranya.

  1. Masuk ke akun pribadi kamu.
  2. Download tema dari Google atau bisa juga dari Channel Telegram. Pastikan kamu benar-benar menyimpannya.
  3. Jika dari Channel Telegram, kamu harus membuka pesan yang berisi tema Telegram yang ingin kamu terapkan. Pilih titik tiga pada pesan file tema. Secara otomatis Telegram akan mendeteksi file tema tersebut.
  4. Pilih “Terapkan berkas tema” dan Telegram akan mulai menerapkannya.
  5. Sebelum tema terpasang, kamu akan diperlihatkan tampilan peninjauan tema. Jika bagus dan sesuai keinginan, lanjutkan dengan memilih “Terapkan”.

Supaya tidak bosan, kamu bisa coba salah satu dari ketiga cara mengubah tema Telegram di atas. Mengubah tampilan Telegram menjadi menarik akan membuat kamu lebih enjoy dalam menggunakan aplikasi, baik untuk sekedar berkomunikasi, membuat grup komunitas, atau untuk dijadikan sebagai media bisnis.