Yuk Ketahui, Cara Menggunakan BOT SiRobo Telegram yang Edukatif

Berlin, Germany - February 12: In this photo illustration the app of Telegram is displayed on a smartphone on February 12, 2018 in Berlin, Germany. (Photo Illustration by Thomas Trutschel/Photothek via Getty Images)

JSMedia – Di antara daftar pencarian aplikasi pesan paling populer, pasti selalu ada nama Telegram yang direkomendasikan. Kepopulerannya di tahun 2021 ini seperti BlackBerry Messanger pada zamannya.

Sebenarnya Telegram telah ada sejak 2013 lalu, saat WA masih menjadi yang paling populer. Awalnya Telegram muncul sebagai aplikasi gratis yang dapat mengirimkan berbagai media sama seperti aplikasi lainnya. Karena keunikan BOT-nya, banyak yang akhirnya berpindah ke aplikasi ini.

BOT Telegram adalah robot yang diprogram untuk menjalankan perintah penggunanya. Seakan tidak ada habisnya, banyak sekali BOT baru yang bermunculan. BOT yang akan dibahas kali ini adalah SiRobo yang kini sedang hits di Indonesia. Berikut ulasan tentang cara menggunakan SiRobo Telegram.

Mengenal BOT SiRobo Telegram

Mengenal BOT SiRobo Telegram

Diketahui dari sebuah acara di Semarang beberapa waktu lalu, SiRobo merupakan singkatan dari Smart Indonesian Robot yang telah menggunakan teknologi IoT atau Internet of Things. Wujudnya berbentuk robot kotak sederhana dan berwarna.

Karena telah menggunakan teknologi IoT, robot berbasis edukasi ini bisa dikendalikan lewat Telegram karena sudah terintegrasi. Itulah alasan adanya BOT SiRobo Telegram ini.

Patut dibanggakan, ternyata BOT canggih ini didirikan oleh sekumpulan mahasiswa Universitas Diponegoro. Mereka dinaungi oleh Inkubator Undip dan kini SiRobo telah berubah menjadi perusahaan start-up dengan layanan penjualan produk robot edukasi.

Maka tak heran jika banyak masyarakat yang mengapresiasinya.

Cara Menggunakan BOT SiRobo Telegram

Cara Menggunakan BOT SiRobo Telegram

Kamu juga dapat mengapresiasi BOT ini dengan cara menggunakannya. Caranya cukup mudah. Berikut adalah langkah-langkah untuk mencoba fitur-fitur yang ada di SiRobo.

  • Unduh Aplikasi

Untuk menggunakannya, kamu harus mengunduh aplikasinya di Play Store. Ukurannya juga tidak besar hanya sekitar 20 MB saja.  Setelah itu, kamu bisa langsung menggunakannya tanpa login atau pun registrasi.

Terdapat 4 pilihan fitur, namun kamu baru hanya bisa menggunakan 3 fiturnya saja yaitu fitur Ayo Main, Ayo Rakit, dan Ayo Program. Apa saja keseruan opsi ketiga fitur tersebut?

  • Fitur Main Ayo

Untuk dapat menggunakan fitur ini, kamu harus memiliki perangkat SiRobo terlebih dahulu. Robot ini bisa didapatkan dengan mudah di marketplace.

Dengan kehadiran SiRobo, kamu dapat memainkannya SiRobo. Namun sebelumnya kamu harus menghubungkan perangkat kamu dengan perangkat SiRobo. Barulah setelah itu bisa mengontrolnya melalui ponsel dengan menggunakan fitur Ayo Main tadi.

  • Fitur Ayo Rakit

Selain bermain, kamu juga bisa merakit robot lengkap dengan nama-nama komponen beserta tutorial cara merakitnya. Jadi, jika ingin memainkannya kamu harus rakit dahulu sambil belajar cara membuat robot.

Baca Juga: Apa Arti SFS yang Sangat Menguntungkan Saat RP Di Telegram?

  • Fitur Ayo Program

Tidak cukup hanya dirakit, robot juga perlu program supaya bisa bergerak. Kamu dapat mengikuti instruksinya di sini. Hanya dengan perangkat mobile, kamu sudah bisa belajar tentang robot.

Jadi, kamu tidak hanya berakhir jadi konsumen. SiRobo memberikan lebih dari itu untuk meningkatkan antusiasme masyarakat terhadap perkembangan teknologi.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, SiRobo telah terintegrasi dengan Telegram. Jadi, kamu juga bisa mengendalikan SiRobo hanya dengan aplikasi ini.

Sayangnya BOT SiRobo Telegram belum bisa digunakan untuk itu. Sementara ini hanya baru bisa digunakan untuk berkirim pesan langsung dengan SiRobo. Namun informasi cara menggunakan SiRobo Telegram ini bisa kamu simpan dulu. Jika nanti programnya sudah sempurna di Telegram kamu bisa langsung mengaplikasikannya.

Tidak heran Telegram kian populer. Tidak hanya berbalas pesan, fungsinya melebihi aplikasi pesan biasa dengan adanya BOT SiRobo Telegram ini.

Tertarik untuk mencobanya? Yuk langsung search BOT SiRobo lewat aplikasi Telegrammu.