Berdasarkan Keilmuan, Pengertian Data dan Informasi Terlengkap

Pengertian Data dan Informasi

JSMedia – Data dan informasi menjadi dua kombinasi kata yang saling melengkapi dan membuat sebuah laporan menjadi lebih baik. Meskipun pengertian data dan informasi itu berbeda, tapi keduanya bisa digabung untuk memperkuat sebuah penilaian.

Jika Anda belum tahu pengertian keduanya, tidak ada salahnya mencoba memahaminya. Mengingat sebagian besar orang sekarang hanya tahu maksud intinya saja, tanpa mengetahui bagaimana pengertian dari data dan informasi berdasarkan keilmuan.

Pengertian Data dan Informasi

Pengertian Data dan Informasi

Ada beberapa model penjabaran pengertian dari data dan juga informasi. Model pertama adalah pengertian secara umum yang lebih sering digunakan dan lebih mudah dalam memahaminya, kemudian kedua ada model pengertian berdasarkan pendapat pada ahli.

Tapi meskipun biasanya kedua model itu berbeda dalam penyampaian, ketika ditarik kesimpulan hasilnya tetap sama dan tidak jauh berbeda. Berikut penjelasannya:

1. Pengertian Data Secara Umum

Data adalah sebuah bentuk yang belum mampu memberikan nilai guna bagi penerima data tersebut, sehingga harus melewati sebuah cara yang nantinya akan dikategorikan dan diproses agar bisa memunculkan sebuah informasi yang penting.

Data biasanya berupa nilai yang menjadi penjelas dari sebuah objek atau peristiwa/kondisi. Sementara itu, jika Anda melihatnya dari kacamata bahasa, data asalnya dari bahasa Latin yaitu Datum. Artinya sesuatu yang diberikan.

Dari kacamata bahasa tersebut, Anda bisa menyimpulkan data harus melewati proses pencarian agar bisa diberikan kepada penerima. Banyak juga yang mengatakan data itu fakta yang bersifat mentah dan belum diolah.

Oleh karena itu, tidak bisa diterima oleh pikiran dan harus melewati banyak proses agar bisa menjadi informasi yang bisa disampaikan dan diterima orang banyak.

2. Pengertian Data Menurut Ahli

Data Menurut Jogiyanto

Ahli pertama adalah Jogiyanto yang menyebutkan data yaitu sebuah kenyataan yang memproyeksikan sebuah kondisi dalam kesatuan yang nyata adanya.

Data Menurut Jogiyanto Slamet Riyadi

Berikutnya Slamet Riyadi juga mengeluarkan pendapatnya mengenai data. Menurut Slamet Riyadi ini adalah kumpulan dari informasi yang diperoleh dengan cara pengamatan dimana kumpulan itu bisa berbentuk angka dan juga lambang.

Data Menurut Jogiyanto Arikunto

Arikunto juga memiliki cara pandang tersendiri dalam mengartikan data. Menurutnya data itu keseluruhan angka dan juga fakta yang bisa untuk dijadikan bahan dalam penyusunan sebuah informasi.

Data Menurut Jogiyanto John Dearden, Robert N. Anthony

Kedua ahli ini menyimpulkan bahwa data adalah bentuk jamak dari kata latin datum. Bisa dikatakan data yaitu sesuatu yang diberikan namun selalu berjumlah banyak.

Data Menurut Jogiyanto O’Brien, Marakas

Ahli bernama O’Brien bersama Marakas mengeluarkan pendapat data itu adalah fakta-fakta yang masih mentah dan hasil observasi tentang sebuah transaksi bisnis atau fenomena yang berwujud fisik.

Data Menurut Jogiyanto Shelly, Rosenblatt

Menurut pandangan Shelly dan Rosenblatt, data itu fakta yang menjadi bahan utama atau dasar dalam sebuah sistem.

3. Pengertian Informasi Secara Umum

Kata informasi biasanya selalu ada setelah kata data, sehingga pengertian data dan informasi juga selalu memiliki keterkaitan. Informasi merupakan hasil dari proses pengolahan data yang bisa memunculkan nilai atau manfaat bagi penerimanya.

Informasi yang didapat dari pengolahan data itu juga digunakan untuk pengambilan keputusan.

Ada beberapa bentuk informasi yang bisa ditampilkan seperti hasil gabungan, hasil pengambilan kesimpulan, hasil analisis dan hasil pengolahan dari sistem informasi lewat komputer.

4. Pengertian Informasi Menurut Ahli

Menurut Joner Hasugian

Pertama ada pendapat dari Joner Hasugian yang mengatakan informasi itu merupakan sebuah konsep global dalam jumlah yang besar, kemudian melibatkan banyak hal yang ada di dalam ruang lingkup masing-masing serta tercatat di beberapa media.

Menurut Anton M. Moeliono

Menurut Anton M. Moeliono informasi itu penerangan, keterangan, pemberitahuan sebuah kabar maupun berita.

Informasi juga menjadi keterangan atau bahan yang nyata dan bisa untuk dijadikan dasar dari pengamatan proses analisis atau pengambilan kesimpulan.

Baca Juga: Ketahui, Perbedaan internet dan intranet buat Anak TKJ Wajib Tahu

Menurut Jordon B. Davis

Ahli bernama Jordon B. Davis berpandangan informasi itu data yang telah melewati proses untuk menjadi sebuah bentuk yang penting bagi para penerima informasi, dan nilai nyata yang bisa dirasakan dalam keputusan saat ini atau di masa depan.

Menurut Shelly dan Rosenblatt

Shelly dan Rosenblatt juga berpandangan lain tentang informasi. Menurut keduanya informasi yaitu data yang sudah berubah atau mengalami transformasi menjadi wujud yang lebih berguna atau bernilai bagi penggunanya.

Pengertian data dan informasi memang berbeda. Namun jika diambil kesimpulan, keduanya merupakan satu kesatuan dalam sebuah proses. Tanpa adanya data, informasi tidak menjadi akurat, kemudian data tanpa melalui proses juga tidak bisa menjadi informasi yang bernilai.