Pesan Barang dengan Cargo Bisa Cek Resi di Shopee? Cari Tahu di Sini

Cara Cek Resi Cargo di Shopee

JSMedia – Melacak pengiriman lewat kargo bisa dilakukan dengan mudah. Berikut cara cek resi cargo di Shopee beserta kelebihan dan kekurangan menggunakan jasa angkut ini.

Tersedianya jasa pengiriman kargo memungkinkan kamu melakukan pembelian barang dengan volume besar. Ya, barang besar seperti furnitur pun ada yang jual di marketplace ini. Kamu tinggal checkout pembelian, dan tunggu barangnya diantarkan cargo yang bisa menampung barang bervolume besar minimal 10 kg.

Banyaknya pilihan jasa pengangkutan barang membuat pengiriman semakin mudah dan efektif. Kamu bisa menggunakan JNE, J&T, standard express Shopee, atau jasa ekspedisi umum lainnya. Tapi kalau barangnya berat dan besar, tentu harus menggunakan pengiriman cargo. Ini tidak hanya bisa menjangkau lokasi yang dekat, antar kota pun bisa.

Sambil menunggu kurirnya sampai pasti kamu penasaran mengapa pesanan tidak kunjung datang. Nah, sekarang setiap e-commerce sudah menyediakan catatan nomor resi atau nomor barang yang sedang dikirim oleh jasa ekspedisi. Sehingga pengguna bisa langsung mengecek status pengiriman.

Cek Resi Cargo Shopee dengan Mudah Menggunakan Cara ini

Cek Resi Cargo Shopee dengan Mudah

Sebelum mengeceknya, pastikan status barang sudah dikirim. Karena Shopee hanya akan memberikan nomor resi jika penjual sudah menyampaikan barangnya di jasa pengiriman. Lalu nomor pengiriman barang akan otomatis ada di detail transaksi pembelian kamu.

Di bagian mana menu transaksi Shopee tersebut? Berikut langkah-langkah cek nomor pesanan Shopee cargo.

  1. Buka aplikasi Shopee yang ada di ponsel kamu.
  2. Pilih menu Saya di bagian dasbor paling bawah.
  3. Akan muncul beberapa pilihan. Kamu bisa mencari ikon truk pengangkut barang di bagian atas halaman. Tekan ikon Dikirim yang berada di antara opsi Sudah Selesai dan Penilaian
  4. Tekan paket yang kamu pilih menggunakan cargo. Klik Rincian Pesanan, lalu pilih Status Pengiriman. Setelah itu akan muncul nomor resi lengkap dengan timeline pengiriman beserta nama cabang jasa kirim dan nama kurirnya.

Untuk lebih lengkapnya, ketikkan nomor tadi di website atau aplikasi jasa pengiriman cargo yang kamu gunakan.

Kelebihan Menggunakan Jasa Cargo

Banyak dari pengguna Shopee yang memilih pesanannya dikirim dengan jasa cargo. Karena layanan ini memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan jasa ekspedisi lain, seperti berikut ini.

  • Harga Terjangkau

Tentu saja yang menjadi alasan utama orang menggunakan ini adalah karena harganya yang murah dibandingkan dengan jasa antar lainnya. Karena pengirimannya lewat darat sehingga biayanya tidak semahal pengiriman udara dan laut.

  • Volume Barang Bisa Disesuaikan

Menggunakan cargo tentu berbeda dengan pengiriman ekspedisi yang harus diukur panjang dan lebar paketnya. Kamu hanya tinggal menghitung berat keseluruhannya saja. Pengirimannya bisa disesuaikan karena kelebihannya yang dapat menampung berbagai jenis barang.

Baca Juga: Terbaik 17 Aplikasi Edit Video Di PC Dan Laptop Gratis Premium Lengkap

Kekurangan Jasa Cargo untuk Pengiriman Tertentu

Jangan hanya fokus pada keuntungan, kamu juga harus mempertimbangkan dua kekurangan berikut sebelum menggunakan layanan ini.

  • Sampainya Lama

Dibandingkan ekspedisi biasa, cargo membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk mengantarkan produk hingga ke tangan konsumen. Karena pengirimannya melalui jalur darat yang tidak bisa mudah diprediksi. Misalnya, lalu lintas sekitar kota yang sering macet.

Jadi perhatikan barang apa yang kamu pesan. Jika makanan yang cepat basi sebaiknya gunakan pengiriman lain saja.

  • Rentan Rusak

Selain estimasi pengiriman yang relative lama, kamu juga harus bersiap-siap jika barang yang dikirimkan mengalami kerusakan. Kondisi jalan yang tidak selalu mulus memang berpotensi membuat barang rusak, sehingga pengemasan harus benar-benar aman.

Belum lagi bobot barang yang berat dan saling bertumpuk dengan barang lain.

Itulah tadi informasi mengenai cara cek resi cargo di Shopee dan keuntungan serta kekurangannya yang bisa kamu pertimbangkan sebelum memakainya.